Status Rilisan

       
   

Ikuti

Sabtu, 20 Oktober 2018

Organisasi Komputer Dasar

`



     Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional komputer dan berhubungan dengan komponen sistem komputer, seperti hardware, sinyal kontrol, interface, teknologi memori, software.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada pembahasan atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang pengguna. Contohnya, set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.



  •    Struktur komputer adalah cara komponen - komponen komputer saling terkait dan berhubungan
  •     Fungsi komputer adalah operasi masing ‑ masing komponen sebagai bagian dari struktur

Komputer berasal dari kata“ to compute ” yang berarti alat penghitung. Ternyata sekarang
komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya seperti hardware untuk mengedit video,suara, gambar dll.


Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan secara sederhana dengan diagram

blok sebagai berikut :


1.  Input Device
Input device adalah hardware yang  kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. 
contoh : 
- mouse
- keyboard
- pentab
- scanner, dll
2.  Output Device
Output device adalah Hardware yang kita gunakan untuk  melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Contoh :
- monitor
- Printer
- Projector
3.  I/O Ports
I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan  untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port ini.
contoh : 
- Port VGA/ HDMI untuk menghubungkan CPU dengan monitor / projector
- Port USB untuk mengubungkan antar hardware yang terkoneksi dengan usb seperti flaskdisk, printer, scanner dll
4.  Central Processing Unit
CPU (Central Processing Unit) (merupakan otak utama dari komputer CPU memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu ALU ( Arithmetical Logical Unit )  sebagai pusat pengolah data serta bagian  CU (Control Unit) digunakan sebagai pengontrol utama komputer atau Biasa disebut dengan nama processor saja. 

5.  Memory
Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc, flaskdisk,SSD

6.  Data Bus
Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja  sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya  CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.

7.  Address Bus
Address Bus digunakan  untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16,  20, 24  atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem.  

8.  Control Bus
Control Bus digunakan  untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.  Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini  bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.

Komponen Utama CPU
>  Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi ‑ fungsi pengolahan data komputer
>Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi ‑ fungsi operasinya
>  Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data
>  CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register ‑ register dan juga dengan bus ‑ bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya 
Fungsi CPU
>  Fungsi CPU adalah penjalankan program ‑ program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi ‑ instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah
>  Proses Eksekusi Program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute)
Aksi-Aksi CPU
CPU ‑ Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya
>  CPU - I/0, perpindahan data dari CPU ke modul I/0 dan sebaliknya
>  Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data
>  Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan urusan eksekusi 


sauce :

#Tugas_ORGANISASI_DAN_ARSITEKTUR_KOMP

Tidak ada komentar:
Write komentar