Status Rilisan

       
   

Ikuti

Jumat, 28 Desember 2018

MEMORI







Memori komputer bertanggung jawab untuk menyimpan data dan aplikasi secara sementara atau secara permanen. Memori memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi yang tersimpan di computer



Karakteristik Memori :

1. Kapasitas 
2. Satuan transfer 
3. Metode Akses 
4. Kinerja 
5. Tipe Fisik 
6. Karakteristik Fisik 

Tanpa memori, prosesor tidak akan dapat menemukan tempat yang diperlukan untuk menyimpan perhitungan dan proses. Ada berbagai jenis memori komputer yang dapat diinstal, tergantung pada kebutuhan, fungsi dan spesifikasi dari sistem. Memori komputer dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis: Memori primer dan Memori Sekunder.

                                                           Memori primer

Memori primer ( memori utama), digunakan untuk akses langsung data oleh prosesor. Karena penyimpanan memori utama menunjukkan kemampuan proses yang lebih cepat, sangat mahal dan karenanya tidak sebagian besar digunakan untuk penyimpanan data. Kebanyakan sistem komputer di seluruh dunia menggunakan memori utama hanya untuk proses bootstrapping dengan tujuan tertentu, dan menggunakan perangkat memori sekunder untuk tujuan penyimpanan data pribadi.


Memori utama dapat dibagi menjadi dua jenis – Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). RAM mempertahankan isinya selama listrik menyala. Sebuah chip RAM digunakan sebagai memori utama pada kebanyakan komputer saat ini. Namun, komputer lama (di era 80-an) menggunakan perangkat ROM (disket, pita magnetik, tetapi lebih menonjol disket) sebagai mekanisme memori utama.

                                                     RAM (Random Access Memori) 

RAM diakses melalui alamat, semua lokasi yang dapat dialamati dapat diakses secara acak (random) dan membutuhkan waktu akses yang sama tanpa tergantung pada lokasi fisiknya di dalam memori. Terdapat dua jenis RAM, statik dan dinamik. RAM dinamik tersusun oleh sel-sel yang menyim pan data sebagai muatan Iistrik pada kapasitor.

RAM statik menyimpan nilai-nilai biner dengan rnenggunakan konfigurasi gerbang logika flipflop.

                                                     CAM (Content Addressable Memory)

Pada CAM, memori diakses berdasarkan isi, bukan alamat. Pencarian data dilakukan secara simultan dan paralel dengan basis isi memori. CAM disebut juga sebagai memori Asosiatif.

                                                                MEMORI CACHE

Memori utama yang digunakan sistem komputer pada awalnya dirasakan masih lambat kerjanya dibandingkan dengan kerja CPU, sehingga perlu dibuat sebuah memori yang dapat membantu kerja memori utama tersebut. Sebagai perbandingan waktu akses memori cache lebih cepat 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama.



                                   MEMORI SEKUNDER
Memori sekunder tersedia pada perangkat penyimpanan massal untuk penyimpanan data permanen. Data yang tersimpan pada perangkat sekunder dipertahankan bahkan ketika tidak diberikan power. Data ini dapat dikirimkan pada umumnya, terlihat dan muncul sama pada mesin apapun, terlepas dari mana data pertama disalin ke perangkat penyimpanan sekunder.
contoh : 
Flashdisk
Harddisk
SSD
CD
dll

                                                             Memori Virtual

Sistem memori yang digunakan untuk meningkatkan ukuran efektif memori fisik komputer. Memori virtual memetakan alamat logis pemakai ke alamat fisik, sehingga bagian program bisa bertempat pada alamat fisik yang berbeda dengan alamat logis. Prinsip dasar virtual memori adalah kemampuan untuk mengalamati ruang penyimpanan logikal, yang disebut memori virtual, secara fisik lebih besar daripada ruang penyimpanan real. 

Sauce :
Sauce 1 
Sauce 2
Sauce 3




                                                         


Tidak ada komentar:
Write komentar