Status Rilisan

       
   

Ikuti

Rabu, 07 November 2018

Set Instruksi Dan Pengelamatan


     Untuk menyimpan data ke dalam memori komputer pastinya memori tersebut telah diberi identitas yang disebut dengan alamat/ address agar ketika data tersebut diperlukan kembali, komputer bisa mendapatkannya sesuai dengan data yang pernah disimpan pada alamat yang diinginkan.
    Teknik pengalamatan sekarang ini hampir sudah tidak diperlukan lagi oleh pemakai komputer karena saat ini karena hampir seluruh software yang beredar di pasaran tidak mengharuskan si pengguna harus bias menentukan di alamat mana datanya akan disimpan semua sudah otomatis dilakukan oleh si software.
     bagaimana cara kerja software tersebut melakukan teknik pengalamatannya, sehingga data yang sudah kita berikan dapat disimpan di alamat memori tertentu dan dapat diambil kembali dengan tepat dan akurat.



 3 teknik dasar untuk pengalamatan, yaitu :
  1. Pemetaan langsung (direct mapping) yang terdiri dari dua cara yakni Pengalamatan Mutlak (absolute addressing) dan Pengalamatan relatif (relative addressing),
  2. Pencarian Tabel (directory look-up), dan
      3. Kalkulasi (calculating).

        Pemetaan Langsung :  
           - Pengalamatan Mutlak
              Teknik pengalamatan ‘alamat mutlak’  , kita tidak perlu memperhatikan kunci atribut karena kita diminta langsung menuliskan di mana alamat record yang akan kita masukkan. Jika menggunakan hard disk 
ada dua cara dalam menentukan alamat memorinya, yaitu 
               1. Cylinder Addressing 
               2. Sector Addressing.
Sedangkan sector addressing, maka harus menetapkan nomor-nomor dari sektor (sector), lintasan (track), dan permukaan (surface).


            Pemetaan Langsung :
            -  Pengalamatan Relatif 

      Teknik ini menjadikan atribut kunci sebagai alamat memorinya, jadi, data dari NIM dijadikan bertipe numeric (integer) dan dijadikan alamat dari record yang bersangkutan.
Cara ini memang sangat efektif untuk menemukan kembali record yang sudah disimpan, tetapi sangat boros penggunaan memorinya. Tentu alamat memori mulai dari 1 hingga alamat ke sekian juta tidak digunakan karena nilai dari NIM tidak ada yang kecil.  Teknik ini termasuk dalam katagori address space dependent.

Teknik Pencarian Tabel 
Teknik ini dilakukan dengan cara, mengambil seluruh kunci atribut dan alamat memori yang ada dan dimasukkan ke dalam tabel tersendiri. Jadi tabel itu disebut dengan tabel INDEX hanya berisi kunci atribut (misalkan Nomor Alat) yang telah disorting (diurut) dan alamat memorinya.
Jadi, sewaktu dilakukan pencarian data, tabel yang pertama dibaca adalah tabel INDEX itu, setelah ditemukan atribut kuncinya, maka data alamat yang ada di sana digunakan untuk meraih alamat record dari data yang sebenarnya.
Pencarian yang dilakukan di tabel INDEX akan lebih cepat dilakukan dengan teknik pencarian melalui binary search Dibandingkan dengan secara sequential.
Nilai key field (kunci atribut) bersifat address space independent (tidak terpengaruh terhadap perubahan organisasi file-nya), yang berubah hanyalah alamat yang ada di INDEX-nya.

Teknik Kalkulasi Alamat
Perhitungan (kalkulasi) terhadap nilai kunci atribut untuk mendapatkan nilai suatu alamat disebut dengan fungsi hash.
Bisa juga fungsi hash digabungkan dengan teknik pencarian seperti tabel di atas, tetapi akan menjadi lebih lama pengerjaannya dibanding hanya dengan satu jenis saja (fungsi hash saja atau pencarian tabel saja).
> Desain Set Instruksi <
Desain set instruksi merupakan Suatu masalah yang sangat komplek yang melibatkan banyak aspek, diantaranya adalah:
  1. Kelengkapan set instruksi
  2. Ortogonalitas (sifat independensi instruksi)
  3. Kompatibilitas :                  
  • Source code compatibility
·         Object code Compatibility

Selain ketiga aspek tersebut juga melibatkan hal-hal sebagai berikut:
v  Operation Repertoire
Berapa banyak dan operasi apa saja yang   disediakan, dan berapa sulit operasinya .
v  Data Types
Tipe/jenis data yang dapat olah Instruction Format: panjangnya, banyaknya alamat, dsb.
v  Register
Banyaknya register yang dapat digunakan.
v  Addressing
Mode pengalamatan untuk operand

Jenis - jenis Instruksi

Ø  Data processing: Arithmetic dan  Logic Instructions
Ø  Data storage: Memory instructions
Ø  Data Movement: I/O instructions
Ø  Control: Test and branch instructions


Sauce :





Tidak ada komentar:
Write komentar