Status Rilisan

       
   

Ikuti

Jumat, 19 Oktober 2018

Evolusi Arsitektur Komputer


                   Perkembangan Komputer memang bisa dibilang cepat dikarenakan kehausan manusia akan teknologi yang mengutamakan kecepatan, keakuratan, grafik dll. Selain itu juga computer terbukti membantu mempermudah pekerjaan manusia perkembangan     Komputer juga disebabkan oleh berkembangnya prosesor yang berfungsi sebagai otak Utama sebuah Komputer. Hukum moore berbunyi

 Kekuatan mikroprosesor menjadi dua kali lipat setiap 18 bulan.
Kekuatan komputasi menjadi dua kali lipat setiap 18 bulan.
Harga komputasi berkurang setengahnya setiap 18 bulan.
                                                              (Gordon Moore, 1965)

kemungkinan prosesor berkembang sangat cepat karena itu arga komputer bisa naik dan turun dengan cepat beriringan dengan berkembangnya prosesor, awal perkembangan komputer itu memiliki ukuran yang sangat besar bahkan pada generasi 1 membutuhkan gudang dengan ukuran besar untuk bisa memuatnya dan untuk ukuran kapasitas memori yang dihasilkan juga kecil namum sekarang ukuran komputer sudah kecil dan bahkan bisa dibawa kemanapun, namun untuk ukuran komputer yang besar masih ada dan masih dipakai yaitu komputer server atau super komputer dimana komputer ini mempunyai ukuran yang besar dan membutuhkan ruangan penyimpanan yang besar serta membutuhkan suhu yang super dingin agar komputer bisa berjalan dengan normal dan maksimal.





  1. Komputer Generasi ke-1 (1940 – 1959)




    Komputer generasi pertama ini bisa disebut juga sebagai komputer raksasa karena ukurannya yang sangat besar dan memakan tempat yang besar pula. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat mengoprasikan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.

Ciri ciri komputer pada generasi pertama ini adalah :


  • Komponen elektronikanya Vacuum Tube.
  • Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 saja.
  • Sifat sifat :

          1. Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
          2. Memerlukan banyak Pendingin karena banyak mengeluarkan panas
          3. Prosesnya relatif lambat
          4. Kapasitas penyimpanan yang sangat kecil

  • Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL
  • Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC
     dikarenakan dahulu masih belum menggunakan transistor seperti sekarang jadi untuk ukuran prosesor yang digunakan besarpula karena menggunakan vacum tube.



           2. Komputer Generasi ke-2 (1959 -1964)



            Komputer generasi kedua ini muncul pada sekitar era 1960-an dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga telah mengenal printer, memori, disket ataupun sistem operas namun untuk ukuran memorinya masih terbilang sangat kecil, akan tetapi pada zamannya ukuran memori tersebut sudah terbilang besar. untuk prosesornya sudah menggunakan transistor namun dalam jumlah yang masih terbilang sedikit tetapi ukurannya sudah terpangkas menjadi lebih kecil dan untuk kecepatanya masih terbilang lambat

Ciri ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :

  • Komponen elektronikanya dari Transistor
  • Program dibuat dengan Assembly, Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL
  • awal dari penemuan komputer dengan ukuran kecil
  • Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR
  • Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5
      3. Komputer Generasi ke-3




              Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sekitar era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga. ukurannya mulai mengecil namun jika dilihat sekilas masih memiliki ukuran yang sama dengan generasi ke-2.Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows.

ciri ciri komputer ke-3 ini adalah :



  • Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
  • Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN,        COBOL
  • Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi        programming dalam waktu yang bersamaan
  • Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon              dengan komputer.
  • Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer
  • Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah



  • Konsep ‘time sharing’ diperkenalkan
  • Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR
  • Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA


  • 4. Komputer Generasi ke-4



         Komputer generasi keempat adalah komputerdengan ukuran yang lebih kecil dari pada generasi sebelumnya. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. pada generasi ini perkembangan komputer sangat pesat dimana ukuran dan kecepatan prosesornya sudah sangat cepat 

    ciri ciri komputer generasi ke-4 ini adalah :



  • Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI       (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat        mencapai 100.000 komponen tiap chip
  • Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach                  Research Computing Network)
  • Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
  • Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS)
  • Sifat-sifatnya:

    • Ukurannya relatif lebih kecil
    • Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
    • Mengenal DataBase Management System (DBMS).


  • Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, INTEL



  • Contoh mesin; IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700,        BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Aplle II, COMMODORE PC ,INTEL i386 sampai                dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core.


  • 5. Komputer Generasi ke-5


    pada generasi ini komputer direncanakan sudah menggukanan AI ( Artificial Intelligence ) dimana komputer sudah memiliki pemikiran sendiri tanpa harus diperintah oleh manusia. contoh sederhana terdapat pada film Iron Man, difilm tersebut Stark memiliki komputer bernama Jarvis, dan komputernya sudah menggunakan AI. selain itu contohnya adalah komputer HAL 9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. beberapa fitur dari hal sudah mulai terealisasikan contohnya adalah komputer sudah mulai memahami perintah manusia dengan menggunakan suara, menerjemahkan kaya secara langsung.

    Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. 


    sauce :

    Sauce 1
    Sauce 2

    #Tugas_ORGANISASI_DAN_ARSITEKTUR_KOMP

    Tidak ada komentar:
    Write komentar