Status Rilisan

       
   

Ikuti

Selasa, 19 Maret 2019

Konsep Dasar Multimedia

Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi berasal dari bahasa Latin, yaitu nouns yang berarti banyak atau bermacammacam. Sedangkan kata media berasal dari bahasa Latin, yaitu medium yang berarti perantara atau sesuatu yang dipakai untuk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu. Multimedia merupakan suatu sarana komunikasi yang berupa gabungan dari text, gambar, animasi, video dan audio.



Pengertian Multimedia Menurut Beberapa Ahli : Multimedia mempunyai beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli di bidang multimedia, antara lain :
1. Multimedia adalah komputer informasi yang dapat ditampilkan dengan gambar dan atau animasi, teks, grafik dan audio (steinmetz dan Nahrstedt, 1995, p1).
2. Multimedia adalah kombinasi dari teks, suara, animasi, seni gambar dan video yang disampaikan kepada kita dengan menggunakan komputer (Vaughan, 1993, p4).
3. Multimedia diartikan sebagai piranti lunak yang memakai lebih dari satu metode dalam komunikasi dengan pemakai, seperti adanya pemakaian grafik, teks, suara dan video (Tway, 1992, p7). Jadi multimedia merupakan suatu aplikasi yang dibangun melalui penggabungan beberapa media seperti teks, grafik, animasi dan suara untuk menyajikan suatu informasi.
Tujuan Multimedia
Penggunaan multimedia mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.      Meningkatkan efektivitas penyampaian informasi
2.      Mendorong partisipasi, keterlibatan dan eksplorasi pemakai
3.      Merangsang panca indra, karena bersifat visualisasi
4.      Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi pemakai pemula


Multimedia Internet base
Internet merupakan suatu media untuk berbagi informasi dan berinteraksi kapan dan di mana saja. Menurut Turban internet merupakan jaringan komputer yang besar di dunia yang secara aktual merupakan jaringan dari jaringan. O’Brien berpendapat internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan pendidikan yang berhubungan dengan jutaan komputer dan penggunanya banyak sekali.
Internet memberikan peluang untuk:
a. meningkatkan akses terhadap informasi,
b. mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi,
c. mengkomunikasikan gagasan dan informasi,
d. merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan,
e. bekerja sama dengan orang lain,
f. memecahkan berbagai masalah, dan
g. memupuk mengembangkan pengertian kultural.
Internet hanyalah contoh dari aneka ragam media untuk menyebarkan berbagai macam informasi. Internet adalah media yang lebih baik daripada media yang lainnya untuk memudahkan kita mencari informasi yang berkualitas, baru dan sesuai.
Para pengguna internet dapat mencari informasi berkualitas tinggi yang dikirimkan melalui web, termasuk suara, video, grafik, teks dan animasi. Multimedia menjadi bagian penting dari internet, berbagai layanan multimedia kini menjadi bagian terintegrasi dari internet.



Sauce : 



Tidak ada komentar:
Write komentar