Status Rilisan

       
   

Ikuti

Kamis, 26 November 2015

Tugas ISD mingguan ke-2 (BAB 2)

                                    Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

∆ Pertumbuhan penduduk yang makin cepat mendorong pertumbuhan aspek-aspek kehidupan yang meliputi aspek sosial,ekonomi,politik,kebudayaan dan sebagainya.
Berbeda dengan makhluk lain manusia mempunyai kelebihan dalam kehidupannya.
Pemanfaatan dan pengembangan akal budi telah terungkap pada perkembangan kebudayaan, baik rokhiniyah maupun kebudayaan kebendaan.
Akibat dari perkembangan kebudayaan ini, telah telah mengubah pola berpikir manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

∆ Misalnya dengan bertambahnya penduduk berarti bertambah pula ketersediaan bahan makanan,perumahan,kesempatan kebudayaan kerja,jumlah gedung sekolah dan sebagainya.
Disamping itu apabila pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan fasilitas akan menimbulkan masalah-masalah.
Misalnya : # Tingkatnya pengangguran
# Tingkatnya kemiskinan
# KejAhatan meningkat

∆ Pertumbuhan penduduk disuatu negara dipengaruhi faktor-faktor demografi sebagai berikut :

1. Kematian ( mortalitas )

Ada beberapa tingkat kematian :

a. Tingkat kematian kasar = Banyaknya orang yang meninggal pada suatu tahun pertunmbuhan jumlah penduduk pertengahan tahun tersebut

b. Tingkat kematian khusus = Karena perbedaan resiko Kematian tersebut, maka digunakan kematian menurut umur. Dengan ini menunjulkan hasil lebih teliti karena banyaknya kematian pada umur tertentu 1000 penduduk pada kelompok umur yg sama

2. Kelahiran ( fertilitas )

Diterjemahkan sebagai kesuburan ada 2 istilah :

a. Facindity ( kesuburan ) = Kemamouan bioligis wanita untuk nempunyai anak

b. Fertility = Jumlah kelahiran hidup dari seorang wanita

Pengukuran fertilisasi disebabkan adanya alasan :

1. Sulit memperoleh angka statistik lHir hidup
2. Wanita mempunyai kemungkinan dari seorang anak
3. Makin tua umur wanita, tidaklah berarti
4. Dalam pengukuran fertilitas melibatkan 1 orang saja

Migrasi

∆ Migrasi = merupakan akibat dari keadaan lingkungan alam yang kurang menguntungkan, akibatnya menimbulkan terbatasnya sumber daya alam yang mendukung penduduk daerah tersebut.

∆  Langkah-langkah seorang migran dalam memutuskan pindah ke daerah lain harus mengetahui faktor-faktor berikut :
   # Persediaan sember alam
   # Lingkungan sosial budaya
   # Potensi ekonomi
   # Alat masa depan

∆ Strategi kebijakan Migrasi

Strategi kebijakan migrasi merupakan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak negatif yang terjadi. Upaya-upaya tersebut adalah:

1. Menjalin komunikasi yang lebih intensif antara penduduk kedua negara untuk menghindari terjadinya benturan budaya.
2.  Memberikan peralatan yang lebih baik kepada calon emigran agar mereka menjadi emigran yang baik di Negara tujuan sehingga bisa mencegah terganggunya hubungan baik di antara kedua Negara .
3.  Meningkatnya pemeriksaan kesehatan dan melakukan karantina bagi para calon emigran guna mencegah mewabahnya penyakit tertentu di Negara tujuan para emigran.
4. Pemeriksaan yang lebih intensif terhadap para calon emigran, baik sebelum berangkat dari Negara asal maupun saat datang di negaratujuan untuk mencegah terjadinya peredaran barang-barang haram.

∆ Kebudayaan dan Kepribadian

Perkembangan budaya selalu terjadi di setiap bagian negara di setiap belahan dunia. Seiring bertambahnya waktu dan seiring pesatnya perkembangan jaman, perkembangan budaya di suatu negara menunjukkan adanya perubahan dan kehidupan berbudaya dalam suatu negara. Perkembangan budaya di Indonesia pada era globalisasi ini semakin menunjukkan data dan bukti yang cukup bahwa di Indonesia pun mengalami perubahan dan perkembangan.
Kebudayaan di Indonesia terpengaruh juga jaman dahulu oleh para pedagang, pelayar, dan kerajaan-kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam yang pernah berkuasa di Indonesia. Indonesia sebagai negara pelayaran dan perdagangan serta tempat belajar pesinggahan orang-orang dari negara lain seperti India, Bugis, Tiongkok, Jepang dan lain-lain. Kemudian kebudayaan dan struktur bahasa serta bangunan yang dipen

Tidak ada komentar:
Write komentar