BAB 1 Ilmu Sosial Dasar Sebagai Mata Kuliah Dasar Umum
∆ Pendidikan tinggi dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemanpuan yang terdiri atas :
a. Kemampuan akademik
b. Kemampuan profesi
c. Kemampuan pribadi
Pencapaian kemampuan akademik dan kemampuan profesi telah diusahakan melalui mata kuliah keahlihan (MKK), yaitu mata kuliah menurut bidang ilmunya yg diberikan di perguruan tinggi.
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan dapat dicapai nelalui mata kuliah dasar umum diantaranya :
a. Pancasila
b. Agama
c. Kewiraan
d. Pendidikan sejarah bangsa
e. Ilmu alamiah dasar
f. Ilmu sosial dasar
g. Ilmu budaya dasar
Dengan seperangkat kemampuan yang dimiliki tersebut diatas lulusan diharapkan menjadi sarjana yang cakap dan ahli dalam bidangnya serta mau dan mampu mengabdikan diri untuk masyarakat indonesia dan umat manusia.
∆ Secara spesifik kemampuan pribadi yang dicapai MKDU untuk menghasilkan warga negara yang berkualifikasi sebagai berikut :
a. Taqwa kepada tuhan yang maha esa
b. Berjiwa pancasila
d. Memiliki wawasan perjuangan bangsa
e. Memiliki wawasan komprehensif
f. Memiliki wawasan budaya yang luas
∆ Ilmu sosial dasar = pengetahuan yang melaah masalah sosial khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan (fakta,konsep,teori) dari berbagai bidang keahlian ilmu sosial.
Ilmu sosial dasar merupakan suatu bahan studi yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan di indonesia yang diberikan di perguruan tinggi.
∆ Tujuan ISD bagi mahasiswa :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan dan masalah sosial masyarakat
b. Peka terhadap maslah sosial
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial masyarakat bersifat kompleks.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dan dapat berkomunikasi dengan mereka.
∆ Adapun beberapa perbedaan dan persamaan antara ISD dan IPS diantaranya :
Perbedaan :
a. ISD diberikan di iniversitas, kalau IPS diberikan di SD dan sekolah lanjutan.
b. ISD adalah 1 mata kuliah tunggal, kalau IPS adalah sejumlah mata pelajaran sekolah.
c. ISD diarahkan untuk membentuk sikap dan kepribadian, kalau IPS diarahkan ke bentuk pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Persamaan :
a. Keduanya adalah bahan studi untuk program pendidikan.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yg berdiri sendiri.
c. Keduanya punya materi kenyataan sosial dan masalah sosial.
∆ Ruang lingkup ISD di perkuliahan diharapkan memahami dan mempelajari adanya :
a. Berbagai masalah kependudukan
b. Maslah individu,keluarga dan masyarakat
c. Masalah pemuda dan sosialisasi
d. Masalah antar warga negara dan negara
e. Masalah pelapisan sosial san kesamaan derajat
f. Masalah masyarakat perkotaan dan perdesaan
g. Masalah penentangan sosial
h. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat
Kamis, 26 November 2015
Tugas ISD mingguan ke-1 (BAB 1)
About Cahaya Putra
Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Write komentar